Categories
Tips Investasi Properti

Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Investasi Membeli Tanah

Kita semua sudah tahu bahwa tanah merupakan salah satu jenis investasi yang paling aman dan juga nyaman. Apa demikian? Tanah merupakan salah satu jalan investasi yang aman karena tergolong karena akan bisa dicuri dan juga tidak perlu membutuhkan pengawasan atau penjagaan yang ekstra. Bahkan Jika memungkinkan tanah tersebut bisa digunakan terlebih dahulu untuk ditanami tumbuh-tumbuhan yang produktif.  Ada juga di antara kita yang membeli tanah yang kemudian digunakan sebagai investasi yaitu dengan melakukan Kavling tanah yang dia beli.

Hal ini Tentunya sangat memungkinkan karena banyak sekali pasangan yang terlebih dahulu membeli Kavling tanah untuk dijadikan tabungan atau investasi.  Sebelum nantinya mereka membangun sendiri rumah diatas tanah kavling yang telah mereka beli.

Dalam membeli tanah kavling Kita juga harus membuat beberapa perencanaan atau berapa tahapan agar nantinya kita mendapatkan lahan kavling yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Apabila kita ingin membeli tanah kavling sebagai Investasi adalah kita harus merencanakan budget atau dalam arti kita menyiapkan dana yang akan kita gunakan untuk membeli tanah kavling.

Selain itu kita juga harus benar-benar yakin bahwa kita memang mempunyai dan mampu untuk tanah kavling sebagai investasi jangan sampai pembelian tanah kavling ganggu budget untuk pembiayaan sehari-hari. Karena hal tersebut tentunya akan berdampak buruk jika Anda menggunakan sebagian dana untuk membeli tanah kavling berasal dari dana pajak belanja sehari-hari.

Langkah selanjutnya adalah anda perlu untuk mencari lokasi dimana anda ingin membeli tanah kavling tersebut. Pastikan lokasi tanah kavling tersebut bagus dan prospek untuk jual tanah kavling itu di kemudian hari.

Pastikan lokasi tidak yang rentan terhadap banjir maupun tanah longsor.

Akan Lebih aman lagi Apabila Anda membeli tanah kavling dari suatu perusahaan properti yang memang menyediakan penjualan untuk tanah kavling. Hal tersebut akan sangat membantu anda dalam segi keamanan dan kenyamanan setelah anda Membeli tanah kavling tersebut.

Bicara mengenai tanah kavling,   berikut ini adalah hal-hal yang penting dan perlu kita perhatikan pada saat kita membeli tanah atau tanah kavling.

Melakukan cek terhadap sertifikat tanah kavling.

Dalam hal ini kita wajib melakukan terhadap sertifikat tanah dari tanah kavling yang dijual. Kita cek status sertifikat tanah tersebut Apakah sudah berupa hak milik atau bahkan masih berupa HGB atau hak guna bangunan.

Batas-batas tanah kavling yang akan anda beli. Pembeli harus benar-benar melakukan pengecekan mengenai luas tanah yang dibeli dan melakukan pengecekan secara langsung di lapangan tentang batas-batas tanah yang dibeli.

Melakukan riset mengenai status tanah atau asal-muasal tanah.

Dalam hal ini lebih ditekankan pada lokasi tanah mana Anda harus benar-benar teliti hindari tanah kavling yang dijual yang dulunya merupakan atau rumah ibadah ataupun kuburan tua.  Sebaiknya membeli tanah kavling yang memang benar-benar aman misalnya tanah tersebut tanah bekas Kebon atau mungkin tanah bekas dari area persawahan.

Lakukan juga pengecekan akses jalan tanah kavling tersebut.

Lakukan pengecekan dengan cermat bagaimana lokasi dari tanah kavling tersebut apakah sudah ada jalan tembus menuju Jalan Raya ataukah masih berupa Jalan Setapak.

Cermati lingkungan sekitar dari tanah kavling yang akan anda beli.

Yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah kavling adalah melihat lingkungan dari tanah kavling yang akan anda beli. Akan sangat bagus Jika lingkungan tempat tanah kavling yang akan anda beli tersebut sudah ada penduduk atau ada fasilitas umum.

Dengan adanya fasilitas umum ataupun di area sekitar tanah kavling yang Anda beli maka dapat dipastikan bahwa tanah kavling yang Anda beli mempunyai prospek yang bagus kedepannya dan mudah untuk dijual lagi.

Penyesuaian anggaran beli tanah kavling.

Ini adalah hal yang paling vital di mana Sebaiknya anda melakukan pembelian tanah kavling sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Hindari pemaksaan dalam membeli tanah kavling, karena memang hal ini bersifat investasi maka gunakanlah uang yang memang dianggap sebagai dana yang belum terpakai.

Nah di atas adalah beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan Apabila Anda ingin melakukan investasi dengan Membeli tanah kavling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *